Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Berbagai Macam Sifat-Sifat Teman Kerja (Kamu Musti Tau Biar ga Kaget!)

Sifat-sifat teman kerja bisa jadi bermacam-macam, ada yang menyenangkan dan ada pula yang menyebalkan. Secara tidak langsung, mereka akan mempengaruhi kinerja kita. Jika mereka baik dan menyenangkan, kinerja kita juga akan meningkat, begitu sebaliknya, jika mereka menyebalkan, maka kinerja kita akan semakin menurun. Bayangkan saja, rata-rata kita berada dilingkungan kerja adalah 7-9 jam sehari. Jika dalam waktu tersebut lingkungan kita mendukung, maka akan semakin membuat kita betah. Namun sebaliknya akan membuat kita tidak betah dan berharap akan selalu cepat pulang. Untuk itu, teman kerja adalah hal yang penting yang membuat anda betah atau tidak.

Mengenal Berbagai Macam Sifat-Sifat Teman Kerja (Kamu Musti Tau Biar ga Kaget!)

Sifat-sifat teman kerja yang perlu diwaspadai

Sifat manusia terbagi menjadi dua macam, baik dan buruk, dimanapun dan kapanpun akan selalu seperti itu. Dalam lingkungan kerja, ada teman yang selalu mendukung setiap langkah kita, ada pula yang berusaha untuk menjatuhkan dan ingin merebut suatu posisi kerja. Setidaknya anda perlu tahu apa saja sifat teman kerja yang harus diwaspadai dan alangkah baiknya jika anda menjauh.

1. Gossipers

tukang gosip

Ya, mereka yang mempunyai sifat ini sebaiknya anda jauhi, jika mereka sedang bergosip didekat anda, cobalah untuk tidak menanggapinya. Anda tahu istilah “jika bergaul dengan tukang gosip, maka bersiaplah giliran anda yang dijadikan bahan gosip jika sewaktu-waktu anda tidak bersama mereka”. Ungkapan tersebut benar adanya, sebagian besar memang berlaku demikian. Sifat seperti ini hampir ada disetiap lingkungan, kampung, sekolah dan pasti saja ditempat kerja.

2. Sok tahu

sok tahu

Percaya atau tidak, ditempat kerja anda akan berjumpa dengan sifat seperti ini. Ditanya ataupun tidak, mereka akan berusaha untuk menjawab tanpa peduli siapa yang bertanya atau apa yang ditanyakan. Lebih parahnya lagi adalah jawaban yang diberikan belum tentu benar. Biasanya orang ini bertujuan untuk menarik perhatian, bisa jadi kepada lawa jenis atau atasan. Awalnya mungkin menyenangkan, namun pada akhirnya, bulu domba juga tetap menjadi bulu domba.

3. Mengeluh

suka mengeluh

Dari macam-macam sifat, hati-hati dengan rekan kerja yang mempuyai sifat mengeluh. Salah satu sifat buruk ini secara tidak langsung memberikan efek negatif bagi anda. Jika mereka suka mengeluh, otomatis kita juga akan tertular atau paling tidak memikirkan apa yang dia keluhkan.

4. Penjilat

penjilat

Memang ada rekan kerja dengan sifat penjilat? Bukannya hanya ada di televisi saja? Sebagian besar televisi adalah gambaran umum pada kehidupan nyata. Itu artinya rekan penjilat akan selalu ada di lingkungan kerja. Kebanyakan dari mereka bertujuan untuk sebuah posisi ditempat kerja. Jauhilah mereka jika anda memang tidak suka, karena keadaan mereka membuat lingkungan tidak nyaman.

5. Pemalas

si pemalas

Tipe ini hampir selalu ada pada setiap lingkungan, termasuk juga lingkungan kerja. Mereka akan membuat anda tidak nyaman untuk berada didekatnya. Melihat kemalasan mereka akan menimbulkan rasa iri pada anda dan rekan yang lain. Bayangkan saja, mereka yang bekerja apa adanya sambil bermalas-malasan akan mendapatkan bayaran yang sama dengan anda walaupun anda bekerja dengan keras.

6. Pemarah

si pemarah

Pada umumnya, marah adalah perbuatan yang buruk, ada dampak negatif yang ditimbulkan dari sifat ini, baik untuk dirinya atau orang lain. Orang yang pemarah membawa dampak negatif untuk orang disekitarnya. Bisa jadi akan menghilangkan rasa percaya diri kepada orang yang dimarahi. Apalagi jika yang marah adalah rekan kerja yang posisi nya sama dengan anda, entah itu karyawan biasa, buruh atau jajaran management, tentu hal tersebut lebih membuat anda tidak nyaman.

Sifat-sifat teman kerja yang membuat nyaman

Tidak adil rasanya jika kita hanya membahas sifat-sifat teman kerja yang buruk atau negatif saja. Sebagai perbandingan, kita juga harus membahas bagaimana sifat positif yang lain yang membuat anda betah ditempat kerja.

1. Rekan yang cerdas

rekan cerdas

Cerdas namun tidak banyak bicara kecuali hal yang penting adalah salah sifat teman di lingkungan kerja yang harus anda rangkul. Kebanyakan mereka akan membuat anda nyaman, dan yang lebih penting adalah sebagai rujukan apabila anda kesulitan dalam hal pekerjaan. Biasanya mereka menjadi kebanggaan bos atau di tempat kerja, siapa tahu, bergaul dengan mereka juga akan mendekatkan anda pada bos, tentunya jika beruntung ya!

2. Ramah

rekan ramah

Tidak jarang kok ditempat kerja akan ditemukan sifat seperti ini, mereka terlihat sangat ramah dan suka membantu. Jangan disia-siakan ya keberadaan mereka, jadikanlah mereka teman kerja yang akan membuat anda betah disana.

3. Pekerja keras

si pekerja keras

Sifat ini jelas kebalikannya dari sifat malas. Bekerja dengan rekan yang mempunyai sifat pekerja keras akan menjadikan kita sebagai orang yang pekerja keras pula. Secara tidak langsung memang menular, namun secara psikologis dan sesuai kebutuhan ya. Jangan sampai and mengambil keuntungan dari rekan seperti ini. Yaitu membiarkan mereka bekerja keras, sedangkan anda bermalas-malasan.

4. Humoris

si humoris

Siapa sih yang tidak suka dengan humor, guyonan atau jokes? Aktivitas ini dapat membantu menghilangkan stress walaupun hanya sementara. Orang dengan sifat ini perlu anda dekati, sebab bisa jadi anda memerlukan guyonan yang setiap saat akan mereka bawa. Namun jangan keterlaluan ya, sebab ditempat kerja bukan untuk main atau bercanda.

5. Amanah

Amanah atau dapat dipercaya adalah salah satu sifat penting yang harus dimiliki setiap orang. Tidak banyak orang yang benar-benar amanah tanpa mengharapkan apapun. Jika anda menemukan sifat-sifat teman kerja seperti ini, segera bergaul dengan mereka. Bisa jadi anda memerlukan seseorang sebagai tempat curhat didalam lingkungan kerja bukan? Tentu saja mereka yang dapat dipercaya sehingga dapat menyimpan rahasia anda.

Sifat yang harus dimiliki sesama rekan kerja agar terjalin hubungan harmonis

Kemungkinan sifat baik dan sifat buruk yang ada dilingkungan kerja sudah kita bahas. Hal tersebut bisa menimpa siapa saja. Namun bagaimana seharusnya sifat yang ideal yang harus dimiliki sesama rekan kerja?

1. Saling terbuka pikiran

Keterbukaan pikiran akan membuat anda berbuat adil dalam segala hal. Itu artinya anda tidak memihak pada apapun dan siapapun untuk mempertahankan pendapat. Hal yang harus dimiliki oleh sesama rekan adalah pikiran yang terbuka, tidak ada yang ditutup-tutupi agar jika terjadi permasalahan, bisa menyelesaikan dengan mudah.

2. Saling tanggung jawab

Pekerjaan yang melibatkan anggota atau tim, memerlukan kerja sama yang baik. Namun hal itu saja tidak cukup, karena setiap pekerjaan akan selalu ada risikonya. Saling tanggung jawab adalah solusi jika terjadi hal yang tidak sesuai harapan atau sesuatu yang tidak terduga diluar bayangan.

3. Fleksibel

Fleksibel atau luwes merupakan sifat yang juga sangat penting. Luwes akan membantu anda mudah bergaul dengan yang lain. Tidak hanya itu, maksud dari fleksibel diatas adalah mampu menerima perubahan yang terjadi secara tiba-tiba.

4. Saling ber-Inisiatif

Inisiatif berarti membuat ide atau jalan tanpa harus diminta. Sifat ini sangat diperlukan, terutama bagi rekan baru yang masih malu-malu dan belum beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Berbagai macam sifat-sifat teman kerja yang ada, negatif atau positif, baik atau buruk, merugikan atau menguntungkan, alangkah baiknya jika anda menghadapinya dengan santai dan secara professional.

Posting Komentar untuk "Mengenal Berbagai Macam Sifat-Sifat Teman Kerja (Kamu Musti Tau Biar ga Kaget!)"